Gelar Rakortekrenbang, Kemendagri Selaraskan Perencanaan Pembangunan Pusat dan Daerah

KLIKSAJA.CO – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersinergi dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menggelar Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Tahun 2022.

Gelaran yang dibuka langsung oleh Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa ini merupakan upaya untuk menyelaraskan perencanaan pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah.

“Itulah forum Rakortekrenbang merupakan upaya untuk kita melakukan sinkronisasi dan harmonisasi antara prioritas nasional dengan daerah untuk kemudian dituangkan (dalam) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2023,” ujar Sugeng saat ditemui usai pembukaan Rakortekrenbang di Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta, Senin (21/02/2022).

Sugeng menjelaskan, forum tersebut membahas berbagai isu terkait 32 urusan pemerintahan konkuren. Melalui pembahasan itu, pemerintah daerah diharapkan dapat memahami berbagai urusan yang menjadi kewenangannya, baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota. Dengan demikian, nantinya urusan tersebut dapat didukung melalui alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Termasuk urusan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat yang akan didukung melalui alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sugeng berharap, melalui gelaran tersebut para pemangku kepentingan dapat berkoordinasi atas situasi dan kondisi yang dihadapi. Selain itu, mereka dapat menyepakati perencanaan pembangunan nasional pada 2023, terutama dalam menghadapi tantangan di tengah pandemi Covid-19.

“Inilah semua yang kita harapkan bisa terwujud kalau setiap tahun target prioritas nasional terwujud di dalam dokumen perencanaan dan di dalam pelaksanaan,” tandas Sugeng. *)