Bawaslu Ajak Pemuda dan Mahasiswa Melek Politik Awasi Pemilu untuk Lahirkan Pemimpin Berintegritas

KLIKERS.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum mengajak mahasiswa dan pemuda berperan aktif mengawasi Pemilu 2024 sehingga melahirkan pemimpin berintegritas.

Hal itu disampaikan oleh Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda dalam Seminar Nasional bertema Harmonisasi Politik dan Akademik dalam Perspektif Penyelenggara Pemilu di Jawa Tengah, Sabtu (10/6/2023).

“Kami berharap KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) dan adik-adik mahasiswa berperan dalam penyelenggaraan pemilu, karena pemilu akan melahirkan pemimpin, baik di eksekutif dan legislatif,” kata Herwyn dilansir klikers.id dari laman resmi bawaslu.go.id, Minggu (11/06/2023).

Herwyn juga mengajak pemuda dan mahasiswa melek politik supaya terlibat dalam terbentuknya kebijakan yang lebih baik lagi. Dia memandang politik dalam dimensi akademik bukan hal yang tabu.

Menurut Herwyn, segala pengambilan keputusan dalam negara demokrasi dihasilkan dalam proses-proses politik. Pengambilan keputusan di Indonesia difokuskan pada bagaimama penyelenggara negara bisa melaksanakan tugasnya yang sebagian besar dihasilkan dari proses politik.

“Kampus merupakan bagian penting yang akan mengontrol proses politik tersebut, sampai pada proses penyelenggaraan pemilu yang akan kita hadapi,” papar lelaki asal Manado, Sulawesi Utara itu.

Maka dari itu, lanjut Herwyn, untuk menciptakan Pemilu 2024 berjalan jujur, adil, damai dan riang gembira, dibutuhkan partisipasi aktif dari mahasiswa dan pemuda. Kedua elemen masyarakat ini bisa terlibat aktif dalam pengawasan partisipatif.

“Pengawasan partispatif adalah bagian manifestasi kedaulatan rakyat yang turut serta bersama Bawaslu mengawasi pemilu. Bawaslu diberi kewenanganan oleh UU untuk mengawasi pemilu, namun secara substantif demokrasi itu menjadi kewajiban dan hak kita semua untuk melakukan pengawasan partisipatif,” kata dia dihadapan mahasiswa Universitas Diponegoro dan para pemuda KNPI.

“Mari kita sama-sama menjadikan Pemilu 2024 menjadi pemilu damai, baik, sesuai prinsip jurdil, khususnya dapat melahirkan pemimpin yang berintegritas,” imbuh Herwyn