Sajikan Cyber Security dan Bisnis Digital, UNAS Gelar Virtual Bootcamp SMK & SMA se-DKI Jakarta

Universitas Nasional menggelar kegiatan Virtual Bootcamp Batch 1 yang diikuti oleh siswa-siswi SMK dan SMA se-DKI Jakarta. Ini merupakan bentuk komitmen UNAS untuk mendorong generasi muda agar memiliki kompetensi dan siap bersaing di era global.

Dalam kegiatan ini, topik yang disajikan adalah tentang Cyber Security, Bisnis Digital, serta Bahasa Korea Dasar. Pemateri adalah para dosen yang kompeten di bidangnya. Kegiatan ini berlangsung selama dua pekan, yakni pada 12 s/d 23 Agustus 2024 dan dilakukan secara daring melalui zoom meeting.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni UNAS Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. mengatakan bahwa pelatihan ini juga merupakan sharing ilmu dan bentuk pembekalan kepada para siswa SMK dan SMA sebelum mereka bekerja atau masuk ke perguruan tinggi.

“Selain mempersiapkan mereka masuk ke perguruan tinggi, kami ingin sharing ilmu kepada mengenai topik yang sedang trend dan dibutuhkan dalam dunia industri saat ini yakni Cyber Security, Bisnis Digital, dan Bahasa Korea,” ujarnya dalam pembukaan kegiatan Virtual Bootcamp Batch 1, Senin, (12/08).

Plt. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAS itu melanjutkan, UNAS mendukung penuh seluruh kegiatan positif yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan, baik bagi mahasiswa maupun para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke universitas.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taga Radja Gah turut menyampaikan apresiasinya kepada UNAS dalam upaya menambah pengetahuan dan skill para siswa mengingat Jakarta kini tengah berubah menjadi kota global.

“Saat ini Jakarta tengah bertranformasi menjadi kota global, dimana pengetahuan dan digitalisasi sangat ditekankan kepada para pelajar yang ada di Jakarta. Pelatihan ini sangat baik dilakukan agar mereka memiliki kompetensi yang mumpuni dan bisa survive dalam persaingan yang semakin ketat,” tuturnya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Seksi Pembinaan SMK Dinas Pendidikan DKI Jakarta Erni Mawarni menuturkan bahwa pihaknya saat ini tengah menggandeng beberapa perguruan tinggi, salah satunya UNAS untuk membantu meningkatkan kualitas pelajar Jakarta, sehingga memiliki outcome yang siap bersaing di era global.

“Oleh karena itu, sertifikasi itu sangat penting sebagai bukti bahwa para siswa telah mengikuti pelatihan-pelatihan yang bisa meningkatkan skill mereka. Kami berharap masih akan banyak program dari UNAS yang diberikan kepada para siswa, sehingga kita bisa bersama-sama meningkatkan kualitas mereka yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Manajer Marketing and Public Relations UNAS, Marsudi, S.P. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara UNAS dengan Universitas Siber Asia (UNSIA). Pelatihan ini diikuti hampir 1.500 siswa dari perwakilan sekolah se-DKI Jakarta.

“Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan di batch selanjutnya dan memberikan manfaat bagi para pelajar, serta meningkatkan daya saing mereka di tingkat nasional dan internasional,” ucap Marsudi.(RIN)