UNAS Gelar Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik Untuk Mahasiswa Baru

Universitas Nasional (UNAS) menggelar Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik (PLBA) semester ganjil Tahun Akademik 2024/2025. Ini merupakan kegiatan rutin tahun dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. dalam sambutannya turut menyampaikan selamat datang kepada para mahasiswa baru Semester Ganjil Tahun Akademik 2024/2025. Ia melanjutkan bahwa kegiatan PLBA hanya diikuti oleh mahasiswa/i baru program Sarjana (S1).

“Pada hari pertama diikuti oleh mahasiswa/i dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Teknik Sains serta Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika,” kata Prof. Suryono pada pembukaan kegiatan PLBA, Kamis, 19/09/2024, di Gedung Auditorium UNAS.

“Kemudian, pada hari kedua diikuti oleh mahasiswa/i dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Biologi dan Pertanian. Dan sebanyak 153 mahasiswa/i Semester Genap lalu yang belum mengikuti PLBA akan mengikuti PLBA pada Semester Ganjil 2024/2025 ini,” tambahnya.
Dalam kegiatan PLBA diisi dengan pemberian lima materi, diantaranya (1) Akademik, (2) Ke – Unasan dan Kemahasiswaan, (3) Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara (4) Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan (5) Narkotika dan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan. Kegiatan PLBA dilaksanakan selama tiga hari, dua hari di tingkat Universitas dan satu hari di tingkat Fakultas.

“Kami berharap agar semua peserta PLBA mengikuti secara sungguh-sungguh mulai dari awal hingga akhir acara ini. Marilah kita ubah mindset kita untuk membentuk karakter dan perilaku serta kepribadian yang baik, tangguh dan penuh serta kreativitas yang akan membawa kesuksesan di masa yang akan datang baik selama anda berada di UNAS maupun setelah anda lulus dari UNAS,” jelas Prof. Suryono yang juga Ketua Panitia kegiatan PLBA.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UNAS Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. mengungkapkan bahwa kegiatan PLBA bertujuan untuk menumbuhkan motivasi, kebanggaan terhadap almamater, serta meningkatkan kedisiplinan, kesadaran diri dan tanggung jawab sebagai mahasiswa Universitas Nasional.

El Amry melanjutkan bahwa saat ini mahasiswa baru telah memulai perjalanan baru di dunia akademik, di mana dunia perguruan tinggi memiliki lingkungan dan budaya yang berbeda dari sebelumnya. Sehingga diharapkan mahasiswa baru harus lebih mandiri, lebih kreatif, dan inovatif dalam rangka mengasah intelektual, keterampilan, karakter, dan kepribadian.

“UNAS memahami pentingnya mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan dunia saat ini dan masa depan, dengan menerapkan kurikulum berbasis kompetensi yang progresif dan fleksibel, serta pendekatan nilai-nilai akademik yang tinggi dengan didukung sarana prasarana kampus yang baik, diharapkan dapat melahirkan lulusan yang berkompeten, baik soft skills maupun hard skills, yang dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya dunia usaha dan dunia industri,” ujarnya.

Pada kesempatan ini juga, Rektor UNAS juga menyampaikan penerima Beasiswa di Universitas Nasional Tahun Akademik 2023/2024, yaitu penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) sebanyak 101 Mahasiswa di semester Ganjil dan 91 Mahasiswa di semester Genap. Penerima beasiswa Pendidikan Mahasiswa Afirmasi dan Prestasi (BIDIK MANIS) sebanyak 10 Mahasiswa di semester Ganjil dan 8 Mahasiswa di semester Genap.

Kemudian, penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) sebanyak 1 Mahasiswa di semester Ganjil dan 1 Mahasiswa di semester Genap. Beasiswa Bantuan Riset Bagi Talenta Riset dan Inovasi – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BARISTA BRIN) sebanyak 1 Mahasiswa di semester Ganjil dan 1 Mahasiswa di semester Genap. Beasiswa cendekia Badan Amil Zakat Nasional – Dalam Negeri (BCBAZNAS – DN) sebanyak 10 Mahasiswa di semester Ganjil dan 10 Mahasiswa di semester Genap. Serta penerima beasiswa Yayasan Beasiswa Jakarta (YBJ) sebanyak 39 mahasiswa di semester Ganjil dan 29 Mahasiswa di semester Genap.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Rektor UNAS berpesan kepada mahasiswa baru untuk lebih giat dan fokus belajar agar mendapatkan nilai akademik yang memuaskan sehingga dapat membanggakan bagi kedua orang tua.(*)